Saturday, February 20, 2016

Membuat/ Mendaftar Akun Google (Email atau Alamat Gmail)

Royalty Free Stock Images

Home » Internet » Google » Membuat/ Mendaftar Akun Google (Email atau Alamat Gmail)

Apa sih keuntungannya kalau kita mempunyai Akun Google? Waah banyak banget karena untuk satu akun google bisa Kamu gunakan untuk Email Google atau Gmail, Youtube, Google+, Google Play, Google Drive juga masih banyak produk-produk Google yang lainnya tanpa harus membuat akun baru (maksudnya untuk masuk ke semua produk google hanya memakai username/email dan sandi/password yang sama). Enakkan? Jadi kalau kita sudah memiliki Akun Google kita dapat menikmati fitur-fitur dalam produk Google yang ditawarkan. Dalam membuat Akun Google Kamu tidak dikenai biaya alias gratis.


Untuk membuat Akun Google silahkan Sobat Wongbong ikuti langkah-langkah berikut

1. Silahkan Kamu kunjungi www.google.com atau www.google.co.id kemudian klik 'Masuk'.


2. Kemudian klik saja 'Buat akun'.


3. Maka akan muncul form pendaftaran seperti gambar dibawah;


4. Silahkan isi data-data sbb;

  • Nama (diisi dengan nama depan dan nama belakang kamu)
  • Pilih Nama Pengguna Anda (disi terserah, isian ini berfungsi sebagai alamat email Kamu, diisi tanpa @gmail.com karena itu akan muncul sendiri)
  • Buat sandi (disi dengan sandi atau password kamu, terserah Kamu.. untuk keamanan Saya sarankan jangan menggunakan nama atau tanggal lahir Kamu karena itu mudah ditebak oleh orang lain jadi gunakan kata atau kalimat yang unik dan jangan lupa dikasih beberapa angka untuk menambah tingkat keamanan)
  • Konfirmasi Sandi Anda (diisi sama persis seperti pada 'Buat sandi')
  • Tanggal lahir (diisi tahun, bulan dan tanggal lahir kamu)
  • Gender (pilih jenis kelamin kamu)
  • Ponsel (pastikan gambar bendera Indonesia yang muncul kalu yang muncul bendera negara lain maka rubah dulu agar menjadi indonesia dengan cara klik gambar bendera tersebut kemudian pilih Indonesia, kemudian tuliskan nomor ponsel tanpa awalan kosong misal untuk three 898... atau mentari 815... atau telkomsel 813...)
  • Alamat email Anda saat ini (diisi dengan alamat email yang sudah pernah Kamu buat sebelumnya boleh dari gmail atau yahoomail atau mail.com atau hotmail terserah Kamu atau kalau kamu sebelumnya belum pernah membuat email ya dikosongin aja)
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot (Tidak usah dicentang, langsung aja ketik teks yang terlihat kedalam kolom yang disediakan)
  • Lokasi (pilih Indonesia)
  • Kemudian centang pada 'Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google' (sebelum dicentang ada baiknya dibaca dahulu apa Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google dengan klik tulisan tersebut yang berwarna biru, kalau sudah selesai dibaca dan kamu menyetujuinya barulah Kamu kasih centang)
  • Kemudian klik 'langkah berikutnya'



Saya jeda sebentar, kalau pada saat penulisan nama pengguna muncul notifikasi seperti ini 'Nama pengguna tersebut sudah digunakan orang lain Coba yang lain?' itu artinya nama pengguna yang Kamu tulis sudah dipakai oleh orang lain, jadi Kamu harus menuliskan yang lain sampai tidak muncul notifikasi tersebut, atau Kamu bisa memakai nama pengguna yang disarankan oleh Google dengan cara klik tulisan warna biru setelah tulisan 'Tersedia'.


Saya jeda lagi, pada saat pembuatan sandi atau password diusahakan seperti yang Saya jelaskan diatas hingga notifikasi mengatakan 'Rumit', bisa dilihat pada gambar dibawah;


Saya jeda sekali lagi, kalau pada saat penulisan sandi yang kedua muncul notifikasi 'Sandi tersebut tidak cocok. Coba lagi?' itu artinya penulisan sandi yang kedua tidak sama dengan penulisan sandi yang pertama, jadi Kamu harus mengulanginya mulai dari penulisan sandi yang pertama dilanjutkan dengan penulisan sandi yang kedua, kalau penulisan sudah sama persis maka tidak muncul notifikasi tersebut.


5. Kembali melanjutkan, setelah pada langkah 4 diatas Kamu sudah klik 'Langkah berikutnya', maka akan muncul halaman untuk memverifikasi akun kamu. Disitu sudah tertera nomor ponsel yang tadi Kamu daftarkan kalau ternyata nomor tersebut salah Kamu bisa menggantinya disini, kemudian beri tanda centang atau tanda titik pada 'Pesan teks (SMS)' dan klik 'Lanjutkan'.


Sekarang Kamu tunggu sms dari Google masuk ke ponsel Kamu, kemudian tuliskan kode yang tersapat dalam sms tersebut kekolom yang disediakan. Apabila sudah 15 menit Kamu belum menerima sms dari Google silahkan kamu klik 'Coba lagi' lihat gambar dibawah;


Kemudian akan muncul halaman 'Verifikasi akun Anda' Kamu bisa pakai nomor ponsel itu lagi atau bisa juga Kamu rubah nomor ponsel kamu dengan nomor ponsel yang lain (tentunya harus punya Kamu lho, jangan punya teman, karena ini berfungsi sebagai nomor penerima pemberitahuan apabila kamu mau merubah password email kamu diwaktu kedepan).
Setelah itu beri tanda centang atau tanda titik pada 'Pesan teks (SMS)' dan klik 'Lanjutkan'.


6. Setelah Kamu mendapatkan sms dari Google yang berisi kode verifikasi akun Google, sekarang kamu masukkan kode tersebut kekolom yng disediakan. silahkan lihat gambar dibawah;


Kemudian Kamu akan melihat halaman Selamat Datang dari Google, ini artinya Akun Google kamu sudah selesai dibuat.
Untuk membuka email Kamu silahkan klik 'Lanjut'


Apabila Kamu disruh login dahulu silahkan login dengan menggunakan sandi/password yang sudah Kamu buat tadi, lihat gambar dibawah;

Kemudian Kamu akan masuk kehalaman 'Akun Saya', untuk melihat email Kamu silahkan klik 'Menu Google' kemudian pilih 'Gmail' atau Kamu juga bisa langsung klik gambar huruf 'M' pada pilihan Produk Google yang terlihat, lihat gambar dibawah;



Pada saat pertama kali email Kamu dilihat maka akan muncul jendela panduan dari Google, kamu bisa tutup jendela tersebut untuk langsung menuju ke email kamu atau kamu bisa klik 'Berikutnya' untuk melihat beberapa panduannya sampai selesai.


Jika Kamu sudah masuk pada halaman email Kamu, kamu bisa memeriksa berapa pesan yang sudah masuk pada kotak masuk milik Kamu dan Kamu bisa membaca isi dari pesan tersebut, biasanya ada tiga pesan baru yang dikirim oleh Google ke email Kamu.


Mudahkan cara membuat Akun Google?

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Apabila Kamu menyukai artikel ini silahkan klik kirim, suka, bagikan dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah yah,,,!!

No comments:

Post a Comment