Sunday, March 27, 2016

Pengertian dan Sistem Komputer

Royalty Free Stock Images
Home » Komputer » Mengenal Komputer » Pengertian dan Sistem Komputer


Pengertian KomputerKomputer berasal dar bahasa latin computare yang artinya memperhitungkan atau menggabungkan, kalau dalam bahasa inggris disebut to compute yang artinya menghitung. Dapat didefiniskan komputer adalah serangkaian alat elektronik yang saling bekerja sama untuk dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan menyajikan informasi (output) yang terkoordinasi dalam kontrol program yang tersimpan dalam memorinya.

Dibawah ini adalah gambar diagram blok sistem komputer, yang menggambarkan bagian-bagian dari komputer dan cara kerja komputer itu sendiri.

Pengertian Komputer



Keterangan gambar:

Peralatan Input (Input Device) adalah  perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam memori. Contoh dari peralatan input seperti, keyboard, mouse, scanner dan joystick.

Peralatan Output (Output Device) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menyajikan informasi hasil olahan data dari komputer kepada pengguna komputer (user). Contoh dari peralatan output seperti, monitor, printer dan speaker.

Prosesor adalah merupakan perangkat utama dari sebuah komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer, dimana data-data yang masuk diolah oleh program-program yang tertanam dalam prosesor.

Memori adalah bagian dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang masuk kedalam komputer. Memori komputer sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory (RAM).

ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, tidak bisa diubah ataupun dihapus. Biasanya ROM sudah ditanamkan kedalam komputer oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM dibutuhkan oleh komputer pada saat komputer mulai dinyalakan dan isi dari ROM ini tidak akan hilang walaupun tidak ada aliran listrik yang masuk kedalam komputer. Perintah dari ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM.

Diantara perintah-perintah yang ada dalam ROM adalah:
Perintah membaca OS (Operasi System) yang berada dalam disk,
Perintah mengecek peralatan yang ada di unit system dan
Perintah untuk menampilkan pesan di layar monitor.

ROM sendiri terbagi menjadi empat jenis yaitu, PROM, RPROM, EPROM dan EEPROM. berikut penjelasannya;

  • PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang yang bisa diprogram kembali hanya dengan satu kali perubahan,
  • RPROM (Re-Programmable ROM) merupakan perkembangan dari PROM sehingga ROM dapat diprogram berulang kali,
  • EPROM (Erasable Program ROM) yaitu ROM yang dapat dihapus tulis. Pada umumnya untuk menghapus isi ROM jenis ini adalah dengan menggunakan sinar Ultra Violet,
  • EEPROM (Electricaly Erasable Program ROM) adalah ROM yang dapat dihapus tulis dengan sistem elektrik.


RAM (Random Access Memory) adalah memori yang dapat diakses secara random. Tujuan dari RAM adalah untuk mempecepat pemrosesan data pada komputer, dimana RAM dapat menyimpan program atau perintah untuk sementara waktu yaitu pada saat power komputer ON. Ketika komputer dimatikan maka seluruh data yang ada dalam RAM ini akan hilang.


Artikel selanjutnya adalah : Elemen-Elemen Sistem Komputer

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Apabila Kamu menyukai artikel ini silahkan klik kirim, suka, bagikan dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah yah,,,!!

No comments:

Post a Comment