Sunday, March 6, 2016

Macam-Macam Produk Google Yang Perlu Kamu Ketahui

Royalty Free Stock Images

Home » Internet » Google » Macam-Macam Produk Google

Macam-Macam Produk Google

Tahukah kalian Sobat Wongbong...?
Ternyata google bukan hanya sekedar mesin pencari dimana kita dapat mencari sesuatu dengan kata kunci dan menemukannya dengan memanfaatkan layanan dari salah satu produk google yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita yaitu Google Search.

Setelah sukses di Mensin Pencarinya, Google tidak berhenti sampai disitu saja melainkan terus mengembangkan perusahaannya dengan meluncurkan beberapa produk yang mungkin Sobat Wongbong ada yang belum mengetahuinya, baiklah berikut ini adalah produk-produk dari Google yang bisa Sobat Wongbong coba untuk menikmati kegunaan dan manfaatnya.

Produk-produk dari Google pada umumnya terbagi menjadi 9 kriteria, yaitu:
  1. Web
  2. Seluler
  3. Bisnis
  4. Media
  5. Geo
  6. Penelusuran Terspesialisasi
  7. Rumah & Kantor
  8. Sosial dan
  9. Inovasi
Dari kesembilan kriteria diatas produk-produk dari google ini masih terbagi lagi dalam beberapa macam produk yang bisa Sobat Wongbong ketahui fungsi atau kegunaannya, diantaranya;

Web

  • Penelusuran Web
  • Google Chrome
  • Bookmark

Penelusuran Web

Penelusuran web adalah fitur dari Search Engine milik google yang memberikan layanan penelusuran terhadap apa-apa yang Kamu cari untuk menampilkan pilihan dari milyaran laman web yang sesuai dengan topik yang Kamu inginkan.

Fitur penelusuran dalam google sebenarnya masih dapat dibagi kedalam beberapa macam kategori penelusuran yang lebih spesifik yang dapat langsung Kamu pelajari dan nikmati manfaatnya seperti, penelusuran blog, penelusuran penerbangan, penelusuran tempat, penelusuran gambar dan masih banyak yang lainnya.


Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah program aplikasi peramban web sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh Google Inc dengan menggunakan mesin rendering webkit. Berdasarkan keterangan resminya Google Chrome adalah adalah peramban web yang cepat, sederhana, dan aman, khusus dibuat untuk web modern. Google Chrome juga sangat cocok dan kompatibel dengan segala kegiatan blogging oleh para blogger di blogspot (Saya sendiri adalah pengguna Google Chrom - red).

Google Bookmark

Google Bookmark adalah layanan bookmark online gratis dari google yang disediakan untuk pemilik akun google, semacam digg dan delicious yaitu situs layanan social bookmarking yang menyediakan layanan bookmark secara online, bedanya kalau pada digg dan delicious bookmark yang Kamu simpan bisa Kamu share, sedangkan bookmark pada google tidak dapat dishare alias hanya Kamu sendiri yang dapat melihatnya.

Seluler

  • Seluler
  • Maps untuk seluler
  • Penelusuran untuk seluler

Tidak hanya pada dekstop beberapa produk Google juga dibuat kompatibel dengan perangkat seluler seperti, Google Penelusuran, Chrome, Google Maps untuk Android, Google +, Hangouts, Google Play, Youtube, Google Drive dan Gmail.

Bisnis

  • AdWords
  • Google Apps for Work
  • Google Bisnisku
  • AdSense
  • AdMob

Google AdWords

Google AdWords adalah layanan untuk memasang iklan pada google dimana Kamu bisa mendaftarkan website Kamu untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian google saat sebuah pencarian yang diproses oleh Search Engine Google memiliki kata kunci yang sesuai dengan kata kunci adwords Kamu.

Google Apps for Work

Adalah suatu layanan dari Google yang menyediakan beberapa versi dari produk-produk Google yang dapat di sesuaikan dan independen menggunakan nama domain milik Kamu. Google Apps for Work terdiri dari beberapa aplikasi yang berbasis Web untuk mendukung kegiatan perkantoran, antara lain Gmail, Hangouts, Google Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Groups, News, Play, Sites, dan Vault.

Google Apps for Work adalah produk yang berbayar dengan didahului masa trial 30 hari, setelah habis masa trial maka Kamu harus membayar dengan harga sekitar US$5 per akun user per bulan untuk dapat melanjutkan penggunaan produk ini, apabila memilih untuk berlangganan selama setahun biaya yang dikenakan adalah sekitar US$50 per akun user per tahun. Berbicara biaya sebenarnya adalah kewenangan dan kebijakan dari Google jadi untuk memastikan berapa biaya untuk saat ini silahkan langsung cek pada situs resminya.

Google Bisnisku

Adalah sebuah layanan dari google yang dapat menampilkan informasi bisnis Kamu dalam hasil penelusuran atau pencarian google, Maps maupun Google + secara gratis. Sehingga dengan mudah Kamu bisa terhubung dengan pelanggan Kamu saat mereka melakukan pencarian di Google Search, Maps maupun Google +.

Google AdSense

Google AdSense atau yang sering disebut dengan 'GA' oleh para blogger adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google, dimana publisher dapat mendaftarkan situs web mereka untuk dapat menayangkan iklan dari penerbit yang dikelola oleh Google. Dimana publisher akan mendapatkan komisi apabila iklan yang ditayangkan diklik oleh pengunjung.

Media

  • Buku
  • Penelusuran Gambar
  • Berita
  • Penelusuran Video
  • Picasa

Google Books

Buku Google (Google Books) adalah sebuah layanan dari google yang menyediakan pencarian buku sehingga Kamu bisa mencari buku-buku yang sesuai dengan minat baca Kamu. Dengan layanan ini Kamu bisa mencari informasi tentang pengarang sebuah buku, jumlah halaman buku, cuplikan dari isi buku tersebut dan Kamu dapat membelinya. Apabila buku tersebut digratiskan oleh penulisnya maka Kamu bisa membaca seluruh isi Buku tersebut.

Penelusuran Gambar

Adalah layanan dari google untuk sebuah penelusuran atau pencarian gambar dengan cara Kamu memasukkan gambar untuk dicarikan gambar yang mirip atau cocok dengan gambar yang Kamu masukkan tadi. Untuk memasukkan gambar Kamu bisa langsung upload gambar dari komputer atau perangkat seluler Kamu atau Kamu bisa juga dengan memasukkan url gambar tersebut.

Google Berita

"Liputan berita terbaru yang komprehensif, dikumpulkan dari berbagai sumber di seluruh dunia oleh Google Berita" dikutip dari situs resminya. Kesimpulannya Google Berita adalah layanan penelusuran terhadap berita-berita yang diterbitkan diinternet yang telah dikelompokkan dan dapat menampilkan pilihan kueri berita terkait dengan acara terbaru yang ditelusuri orang. Sehingga Kamu bisa memilih di antara beragam perspektif di setiap berita yang disediakan oleh Google Berita.

Penelusuran Video

Adalah salah satu opsi pada penelusuran google yang menargetkan hasil penelusuran untuk konten video yang sesuai dengan kata kunci.

Picasa

Picasa adalah perangkat lunak aplikasi untuk menampilkan, mengolah dan mengedit foto-foto Kamu dari Komputer dan Kamu dapat membagikan foto-foto Kamu ke Google + atau Google Photo dan ke Album bersama.
Picasa dibuat oleh LifeScape, Inc. pada tahun 2002 dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2004.

Aplikasi ini kompatibel dengan Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Linux, dan Mac OS X (hanya versi Intel). Sedangkan untuk Windows 98 dan Windows ME, hanya tersedia versi lama.

Geo

  • Maps
  • Earth
  • Panoramio

Google Maps

Google Maps adalah aplikasi gratis dari google dimana Kamu dapat melihat peta seluruh dunia, melihat lokasi Kamu di peta, menelusuri lokasi, mencari tempat-tempat favorit beserta informasinya, merencanakan rute perjalanan dan Kamu juga bisa ikut serta menambahkan tempat yang belum tersedia di Google Maps juga masih banyak fitur-fitur lainnya yang terdapat pada Google Maps.

Google Earth

Google Earth disebut juga Eart Viewer merupakan program Globe Virtual berlisensi gratis yang dikembangkan oleh Keyhole, Inc. Program ini memetakan Bumi dari gambar-gambar yang dikumpulkan oleh pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Untuk mendapatkan fitur tambahan Google Earth dapat diupgrade ke Google Earth Plus dan ke Google Earth Pro dengan biaya tertentu.

Panoramio

Panoramio (panorama) bisa dikatakan fitur pelengkap dari Google Maps dan Google Earth, adalah sebuah situs milik google yang berorientasikan geolokasi dimana Kamu bisa melihat foto-foto dari berbagai penjuru dunia yang telah diupload oleh pengguna terdaftar dalam situs panoramio.

Untuk dapat melihat koleksi foto-foto panoramio Kamu bisa mengunjungi situsnya langsung atau bisa juga melalui Google Maps maupun Google Earth karena memang situs panoramia dibuat dengan tujuan untuk membantu pengguna Google Maps dan Google Earth dalam mencari informasi lokasi-lokasi favorit mereka.

Penelusuran Terspesialisasi

  • Penelusuran Khusus
  • Cendekia
  • Trends

Mesin Penelusuran Khusus

Google Mesin Telusur Khusus adalah layanan dari Google yang memungkinkan Kamu membuat pengalaman penelusuran yang disesuaikan untuk komunitas Kamu. Dengan Mesin Telusur Khusus milik Google Kamu dapat menambahkan kotak telusur ke beranda Kamu untuk membantu orang menemukan apa yang mereka butuhkan di situs web Kamu.

Layanan ini gratis akan tetapi apabila Kamu ingin memperoleh fitur tambahan untuk bisnis kecil dan besar Kamu seperti memoles desain (seperti menyisih dari iklan atau pencitraan merek Google), multi bahasa, pembiasan tanggal, umpan XML, penyempitan label, penelusuran gambar, bebas iklan, pengindeksan menurut permintaan, sinonim, promosi menggunakan pelengkapan otomatis, cuplikan kaya dan gambar kecil Kamu harus membayar mulai dari sekitar $100 per tahun.

Google Cendekia

Google Cendekia atau Google Scholar adalah layanan dari google dimana Kamu dapat menelusuri berbagai macam materi pelajaran ataupun referensi ilmiah yang berupa teks dalam berbagai format publikasi, sehingga dapat membantu Kamu dalam mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis.

Google Trends

Google Trends adalah layanan aplikasi web dari Google untuk dapat menjelajahi penelusuran yang sedang tren dilakukan orang-orang di dunia saat ini maupun penelusuran yang tren dilakukan orang-orang di dunia pada masa lalu.
Google Trends menampilkan popularitas topik pencarian untuk situs web dalam bentuk grafik statistik berdasarkan lokasi atau bahasa juga waktu, sehingga kamu bisa membandingkan antara satu topik dengan topik lainnya mana yang lebih disukai oleh orang-orang didunia.

Rumah & Kantor

  • Gmail
  • Drive
  • Dokumen
  • Spreadsheet
  • Slide
  • Formulir
  • Gambar
  • Sites
  • Kalender
  • Terjemahan
  • Google Cloud Print
  • Google Keep

Gmail

Gmail atau Email Google merupakan layanan surel (surat elektronik) gratis yang disediakan oleh Google yang dapat diakses dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail memiliki fitur-fitur unggulan dan memiliki space penyimpanan gratis yang cukup besar karena dapat diintegrasikan dengan Google Drive dan Google Foto hingga 15GB.

Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online dari Google yang disediakan secara gratis dimana Kamu dapat menyimpan file-file penting milik Kamu seperti foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video atau apa saja milik Kamu. Kamu juga dapat mengelompokkan file-file kedalam beberapa folder yang Kamu buat. Disamping Kamu dapat membagikan file milik Kamu ke orang-orang tertentu kamu juga dapat menjadikannya bersifat publik ataupun bersifat pribadi.

Untuk space penyimpanan pada Google Drive disediakan 15 GB secara gratis, kecuali Kamu mau membelinya untuk mendapatkan space penyimpanan yang lebih besar.

Google Dokumen

Google Dokumen adalah layanan pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi (precentation), formulir, dan penyimpanan data berbasis web disediakan gratis oleh Google docs.

Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah aplikasi online dari google yang memungkinkan Kamu mebuat, mengedit dan memformat spredsheet dan mengerjakannya bersama-sama dengan orang lain. Dengan Google Spreadsheet Kamu dapat lebih mendekatkan dengan publik, karena mudah membuat survey, polling dan masukan.

Google Slide

Google Slide adalah aplikasi presentasi online gratis dari Google yang memungkinkan Kamu mendesain slide presentasi secara mudah. Kamu bisa membuat, mengedit, berkolaborasi dan melakukan presentasi menggunakan Google Slide.

Google Slide ini kompatibel dengan Power Point. Kamu dapat mengunjungi langsung di Google menggunakan dekstop atau Kamu bisa mengunduh aplikasinya untuk Android, iPhone atau iPad Kamu.

Google Formulir

Google Formulir adalah layanan gratis dari google yang memungkinkan Kamu membuat formulir, seperti mengumpulkan dan menyusun informasi untuk dijadikan bahan jajak pendapat, survei, tanya jawab, ataupun untuk keperluan kuis dan masih banyak lagi.
Seperti pada Dokumen, Spreadsheet dan Slide Kamu juga bisa berkolaborasi dengan teman-teman Kamu atau siapa saja dalam membuat survei di Google Formulir.

Google Gambar

Google Gambar (Google Drawing) adalah aplikasi desain gambar berbasis web software diagram yang dikembangkan oleh Google, yang memungkinkan kamu membuka, mengedit ataupun membuat dan mendesain gambar baru secara gratis. Hasil gambar bisa Kamu unduh dalam format  JPEG, SVG, PNG, atau PDF. Kamu juga dapat membagikan hasil desain milik Kamu secara online.

Google Sites

Google Sites adalah layanana dari google yang merupakan aplikasi wiki terstruktur yang dapat digunakan untuk membuat situs web, baik untuk pribadi maupun untuk kelompok (klub) atau untuk organisasi perusahaan.
Melalui Google Sites akan mempermudah orang-orang didunia untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Google Kalender

Google Kalender adalah layanan kalender virtual milik google yang merupakan aplikasi pembantu (utility) dimana Kamu dapat mencatat jadwal-jadwal acara yang telah Kamu rencanakan dan Kamu akan memperoleh pemberitahuan apabila telah tiba atau mendekati tanggal yang telah terjadwal milik Kamu.

Dengan Google Kalender Kamu dapat membagikan info acara kepada teman Kamu. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini pada Android ataupun iPad kamu.

Google Terjemahan

Google Terjemahan adalah layanan terjemahan (translate) oleh google yang berbasis web, dimana dengan layanan ini Kamu akan dapat dengan mudah menerjemahkan tiap-tiap kata atau suatu kalimat bahkan satu paragrap atau beberapa paragrap yang tersusun dalam satu laman web sekaligus dari suatu bahasa ke bahasa yang diinginkan.

Dalam google terjemahan kamu juga bisa mendeteksi bahasa secara otomatis dari suatu kata atau kalimat apabila Kamu memilih opsi deteksi bahasa dan akan diterjemahkan kedalam bahasa pilihan Kamu. Juga terdapat fitur terjemahan teks dalam gambar yang akan menghubungkan aplikasi dengan kamera smartphone Kamu.
Google Terjemahan menyediakan aplikasi yang dapat diunduh pada Android

Google Cloud Print

Google Cloud Print adalah layanan dari google yang dapat menghubungkan printer Kamu ke web, sehingga Kamu dengan mudah dapat mencetak suatu laman web yang Kamu inginkan melalui Google Cloud Print.
Dengan Google Cloud Print Kamu dapat membagikan printer Kamu kepada siapa saja yang kamu pilih semudah membagikan dokumen Google Docs.

Google Keep

Google Keep adalah salah satu layanan google yang dapat digunakan untuk menyimpan catatan Kamu. Kamu bisa menulis apa saja yang ada dipikiran Kamu dan menyimpannya di Google Keep dan bisa membagikannya.

Google Keep bisa diakses melalului web broser pada PC dan smartphone Kamu, atau Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Google keep for Android di Playstore. Google Keep juga bisa diakses melalui perangkat iOs seperti iPhone dan iPad melalui web browser.

Sosial

  • Google+
  • Blogger
  • Grup
  • Hangouts

Google +

Google plus adalah layanan media sosial milik google, seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya dimana Kamu dapat berinteraksi dengan pengguna google plus yang lain, kelebihan dari google plus adalah Kamu bisa terhubung langsung dengan blog Kamu di blogspot, sehingga apabila Kamu menerbitkan sesuatu pada blog bisa secara langsung dipublikasikan melalui akun google plus Kamu.

Blogger (layanan)

Blogger (layanan) adalah layanan untuk mempublikasikan blog gratis dengan domain blogspot.com yang dihost oleh google. Blogger dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Dengan blogger Kamu dapat menuliskan riwayat hidup Kamu, catatan harian, artikel atau apa saja secara online.

Google Grup

Google Grup (Google Groups) adalah sebuah layanan hosting milis yang disediakan oleh google secara gratis, dimana Kamu dapat membuat milis (Mailing List) untuk berdiskusi atau berbagi informasi secara online diinternet yang memungkinkan setiap anggota dari milis dapat mengomentari dan membalas terhadap suatu topik.

Hangouts

Hangouts adalah sebuah aplikasi layanan percakapan (chatting) secara gratis oleh google. Dengan hangouts Kamu dapat berkirim pesan, melakukan panggilan suara, video call dan berbagi foto dengan sesama pengguna hangouts.

Inovasi

  • Code

Google Code

Google Code merupakan situs alat pengembang API (Application Programing Interface) dan sumber daya, yang berisi dokumentasi cara penggunaan peralatan pengembang dan terdapat diskusi dari para pengembang web maupun aplikasi desktop untuk memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh Google.


Terimakasih sudah membaca artikel ini. Apabila Kamu menyukai artikel ini silahkan klik kirim, suka, bagikan dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah yah,,,!!

1 comment: